Upaya Peningkatan Mutu Program Kerja Kepala Sd Negeri 5 Singkawang Barat Melalui Supervisi Administrasi Kepala Sekolah
Upaya Peningkatan Mutu Program Kerja Kepala Sd Negeri 5 Singkawang Barat Melalui Supervisi Administrasi Kepala Sekolah
Dapatkan File Lengkap SMS 085642444991 KODE PTS 004
Abstrak:
Permasalahan
sekitar rendahnya mutu penyelenggaraan pendidikan di SDN Kota
Singkawang selama ini pada dasarnya bermuara pada lemahnya pengelolaan,
pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya peningkatan mutu
penndidikan persekolahan harus
lebi dititikberatkan kepada peningkatan mutu sumber daya manusia. Dalam
konteks ini, Program peningkatan mutu kinerja kepala sekolah sangat
relevan dan sangat strategis, mengingat fungsi dan perannya sebagai
pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan di tingkat operasional.
Sebagai
pemimpin dan pengelola satuan lembaga pendidikan, kinerja kepala
sekolah akan memberikan dampak yang positif atau negative terhadap
aspek-aspek sistemik yang terkait dengan mutu pendidikan di sekolah yang
dipimpinnya. Asumsinya adalah bahwa mutu kinerja kepala
sekolah akan berpengaruh terhadap mutu kinerja guru dan warga sekolah
lainnya. Salah satu aspek penting dari mutu kinerja kepala sekolah
adalah pengelolaan manjamen sekolah. Sebagai seorang manajerial, kepala
sekolah dihadapkan kepada banyak tugas yang menuntut tanggung jawab yang
sungguh-sungguh dalam pelaksanaannya.
Penelitian
Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanakan di SD N 5 Singkawang Barat dan
masalah yang diteliti adalah Mutu Program Kerja Kepala Sekolah pada
bidang manajerial khususnya pada penyusunan program kerja tahunan kepaa
sekolah melalui Supervisi Administrasi Kepala sekolah yang
ditindaklanjuti dengan pembimbingan dan pembinaan secara langsung dan
berkesinambungan.
Dalam
Pelaksanaan PTS ini prosedurnya adalah mensupervisi dan menganalisa
administrasi kepala sekolah, memberikan bimbingan teknis tentang
analisis SWOT dan cara-cara penyusunan program kerja tahunan dan
membimbing langsung pembuatan anaaisis SWOT dan penyusunan program kerja
tahunan kepala sekolah.
Kata kunci : peningkatan mutu, administrasi, supervise, program kerja.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Salah
satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah
rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan,
khususnya pendidikan dasar dan menengah. Berbagai usaha telah dilakukan
untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, antara lain melalui
berbagai pelatihan dan peningkatan kualifikasi dan sertifikasi guru, pengadaan
buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan
lainnya, dan peningkatan mutu manajemen sekolah.Namun demikian berbagai
indicator mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang merata.
Sebagian sekolah, terutama di kota-kota, menunjukkan peningkatan mutu
pendidikan yang cukup menggembirakan, namun sebagian lainnya masih
memprihatinkan.
Permasalahan
sekitar rendahnya mutu penyelenggaraan pendidikan di SD Kota Singkawang
selama ini pada dasarnya bermuara pada lemahnya pengelolaan,
pengorganisasian dan pengembangan institusi. Upaya peningkatan mutu
pendidikan persekolahan harus lebih dititikberatkan pada peningkatan
mutu sumber daya manusia. Dalam konteks ini, program peningkatan mutu
kinerja kepala sekolah sangat relevan dan sangat startegis, mengingat
fungsi dan perannya sebagai pemimpin dan pengelola lembaga satuan
pendidikan di tingkat operasional.
B. Rumusan Masalah
Apakah Supervisi Administrasi kepala Sekolah dapat Meningkatkan Mutu Program Kerja Kepala Sekolah dasar Singkawang Barat?
C. Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah
Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah :
- Untuk mendeskripsikan dampak pelaksanaan supervise administrasi kepala sekolah terhadap mutu program kerja kepala sekolah.
- Agar kepala sekolah mampu meningkatkan mutu program kerja kepala sekolah, sehingga siswa memperoleh pelayanan pendidikan seperti : pengetahuan, ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.
- Memberi pengertian dan pemahaaman tentang makna dan pentingnya supervise administrasi kepala sekolah bagi kepala sekolah
- Memberi ketrampilan kepada kepala sekolah dalam meningkatkan profesi pelayanan pendidikan.
- Mengubah sikap tradisional yang merasa puas dengan apa yang ada menjadi sikap terbuka terhadap pembaharuan.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas. Dirjen PMPTK, Direktorat Tenaga Kependidikan
H.Moeftie Wiriadihardja. Pedoman Administrasi Umum, Balai Pustaka jakarta 1987.
Kumpulan Materi Peningkatan Ketrampilan Manajerial pengawas Sekolah jakarta 2004.
Permen Diknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah, Jakarta, 2007.
Prof. Dr. Rusli Lutan. Supervisi Pendidikan Jasmani, depdiknas, Dirjen Dikdasmen, jakarta, 2002.
Sahertian PA. (2000). Konsep Dasar &Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bhinneka Cipta. Jakarta 2000.
Slameto. Belajardan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.2003.