Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK SD PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN KODE (166)

Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word), hubungi :
0856 42 444 991
  
ABSTRAK
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial
Permasalahan   pendidikan   siswa   selalu   muncul   bersamaan   dengan berkembang   dan   meningkatnya   kemampuan   siswa   serta   situasi   dan   kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih diberlakukannya sistem guru kelas di SD   dan   cara   pendekatan   konvensional   sudah   dianggap   tidak   efektif   serta menimbulkan  kejenuhan  di  dalam  kelas.  Oleh  karenanya  guru  dituntut  untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian  Tindakan  Kelas  (PTK),  merupakan  sarana  termudah  untuk meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelolaan pembelajaran. pembelajaran   konstruktivistis   dimaksudkan   menjadikan   kebiasaan   guru  yang bersifat   otoriter   menjadi   fasilitator   menambah   kegiatan   pembelajaran   ego- involvement  menjadi  task  improvement,  sehingga  proses  pembelajaran  menjadi lebih   efektif   serta   dapat   :   (a)   membangkitkan   minat   siswa   untuk   belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi  belajar matematika, setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media   konkrit,   keaktifan   dan   ketrampilan   siswa   dapat   dimunculkan   dalam pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti  signifikan  (1)  meningkatkan  prestasi  belajar  (2)  peningkatan  aktivitas siswa, (3) pemunculan keterampilan siswa dalam pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
Hernawan,  Asep  H,  dkk.  (2006).  Pengembangan  Kurikulum  dan  Pembelajaran Jakarta: Universitas Terbuka
Mikarsa,  Hera Lestari,  dkk.  (2005) Pendidikan  Anak di SD,  Jakarta:  Universitas Terbuka
Saidihardjo, (2004). Cakrawala Pengetahuan Sosial 5 untuk Kelas 5 SD dan MI. Solo : Wangsa Jatra Lestari
Sumantri, Mulyani. (1999). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta Depdikbud Dirjen Dikti Proyek PGSD
Wardani,  I.G.A.K;  Wihardit,  K;  &  Nasoetion,  N.  (2003).  Penelitian  Tindakan Kelas, Jakarta : Universitas Terbuka
Winataputra,  Udin  S,  dkk,(2005),  Materi  dan  Pembelajaran  IPS  SD.  Jakarta: Universitas Terbuka
Asmawi,  Zainul, dan Maulana,Agus (2005).  Tes dan Assessment  di SD. Jakarta: Universitas Terbuka